Sabtu, 30 Oktober 2010

Cara Mengobati Biang Keringat

Sabtu, 30 Oktober 2010

Cara mengobati biang keringat. Biang keringat sering kali menjadi masalah, terutama untuk bayi kita. Sebenarnya apa sih biang keringat, bagaimana gejala timbulnya biang keringat, dan bagaimana sebenarnya cara untuk mengobati biang keringat?

Biang Keringat adalah ruam kulit yang disebabkan tersumbatnya kelenjar-kelenjar peluh pada dada, ketiak, lilitan pinggang, lipatan paha, dan punggung.

Gejala biang keringat adalah dengan timbulnya bintik-bintik putih atau merah pada kulit yang menimbulkan rasa gatal, terutama di dada, di leher, dan di punggung yang tertutup pakaian.

Nah..kalau biang keringat sudah menyerang anak kita, kasihan kan. Biasanya anak yang terkena biang keringat akan sulit untuk tertidur nyenyak. Anak yang terkena biang keringat akan selalu menggaruk kulit yang timbul biang keringat karena gatal yang ditimbulkannya. Agar anak kita bisa sembuh dari biang keringat berikut cara mengobati biang keringat :

1. Cara alami (tanpa menggunakan obat apapun).

Cara ini bisa dilakukan dengan cara sering mengganti pakaian anak yang basah karena keringat. Kontrolah keadaan pakaian anak, terutama ketika musim panas menjerang. Ganti pakaian anak anda ketika basah oleh keringat. Kemudian lap bersih kulit anak anda sampai kering, baru setelah itu gunakan pakaian yang baru untuk anak anda.

2. Menggunakan bedak atau sabun gatal.


Ada beberapa bedak atau sabun gatal yang dapat digunakan untuk mengatasi biang keringat, Diantaranya yaitu : Bedak Salicyl CITO, Caladine Cair (khusus 1 tahun keatas), Sabun Lactacyd. Untuk bedak salicyl bisa dicampur dengan air seperti bedak dingin.

Perlu diperhatikan, jika biang keringat tidak juga hilang setelah menggunakan bedak dan sabun diatas sebaiknya segera bawa anak anda ke dokter.

Nah ketika anak sudah sembuh dari biang keringat, ada beberapa cara agar anak terhindar dari terkena biang keringat kembali.

1. Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat, seperti katun.
2. Gunakan pakaian yang longgar, jangan yang terlalu ketat.
3. Perbaiki sirkulasi udara pada ruangan.
4. Mandikan bayi dengan teratur, 1 atau 2 kali setiap hari.

Semoga cara mengobati biang keringat di atas dapat berguna untuk anda semua.


1 komentar:

Ustadz Muhammad Adam Hussein mengatakan...

Oh begitu cara mengatasinya toh, asik nih, dapet pengetahuan baru, makasih banget.

Poskan Komentar